Jumat, 15 Januari 2010

Teknologi Multimedia

1. Bagaimana perkembangan teknologi multimedia menurut anda?
Jawab :
Istilah Multimedia saat ini agak sedikit membingungkan dikarenakan perkembangan teknologi yang begitu cepat dengan bermunculan media-media baru yang kesemuanya itu bisa saling digabungkan. Dulu istilah multimedia hanya digunakan untuk menyebut presentasi yang ditampilkan ke layar dengan tampilan gambar dan tulisan statis saja.
Zaman sekarang tidak hanya gambar atau tulisan yang ditampilkan, tetapi juga ada elemen suara, animasi, video dan interaksi. Itulah elemen-elemen yang ada dalam multimedia saat ini. Dan definisipun berubah menjadi media elektronik yang menyimpan dan menampilkan elemen-elemen tersebut. Saya sering sekali membawakan seminar tentang hal ini di depan mahasiswa-mahasiswa baru, khususnya jurusan teknologi informasi. Munculnya istilah teknologi informasi tidak lepas dari data multimedia. Bagaimana pendistribusiannya menggunakan teknologi.

Multimedia dapat memberikan suatu sensasi dan pengalaman unik. Berbagai manipulasi gambar dan video menggunakan teknologi canggih menambah daya tarik multimedia. Seperti elemen gambar atau foto bisa dimanipulasi dengan software adobe photoshop, video dengan adobe after effect, animasi dengan flash dan software 3d seperti 3d studio max, maya. Kemudian suara yang jelek menjadi merdupun bisa dimanipulasi dengan sound forge atau cool edit. Dan iklan-iklan di televisi banyak sekali memanipulasi fakta sehingga orang-orang menjadi tergiur dengan apa yang ditawarkan.
Kita pernah melihat iklan obat nyamuk yang asapnya bisa menempeleng si nyamuk, atau bisa membentuk panah mengejar nyamuk. Walaupun kita tahu itu tipuan, tetapi alam bawah sadar kita percaya. Dan kemudian saat kita ke mall tanpa sadar kita bisa membeli obat nyamuk tersebut. Ini adalah efek dari multimedia. Celakanya kalau digunakan secara tidak benar akan membuat masyarakat menjadi bodoh.
Setelah satelit Palapa C1 dan C2 diluncurkan beberapa tahun yang lalu, banyak perkembangan-perkembangan baru yang terjadi. Misalnya ditaburkannya satelit komunikasi diatas langit Indonesia oleh perusahaan-perusahaan asing yang mana pengusaha Indonesia juga terlibat dalam kepemilikan sahamnya, seperti PT. Bakri Communication Corporation pada Irridium Project, sebuah proyek telepon satelit dunia untuk memecahkan masalah blank spot pada telepon selular biasa, AMPS atau GSM. Indosat pun masuk menjadi salah satu pemodal pada konsorsium ICO Global Communication (ICO-GC), sebuah telepon satelit setelah Irridium. Diluar Indonesia, Microsoft juga merambah industri satelit layanan komunikasi yang lain, seperti internet, video conference atau video on demand. Dan proyek Microsoft yang terkenal saat ini adalah CyberStar atau Internet di Angkasa.
Meskipun di Indonesia layanan multimedia sudah beroperasi, tetapi terminology mengenai multimedia sendiri masih sempit di dalam benak masyarakat Indonesia. Teknologi multimedia selalu diasosiasikan dengan Personal Computer (PC). Padahal pengertian sebenarnya sangat luas. Multimedia merupakan keterpaduan teknologi informasi (misalnya komputer) dengan teknologi komunikasi (misalnya jaringan kabel coaxial atau satelit). Kalau dipisahkan berdasarkan etimologi kata, multimedia terdiri dari kata multi dan media. Multi berarti beragam, sedangkan Media berarti sarana penyampaian informasi. Jika sebuah PC disebut multimedia, maka PC tersebut memiliki kemampuan menampilkan gambar bergerak dan suara, misalnya dari Video Compact Disc, Audio Compact Disc, serta dapat berkomunikasi antar komputer atau jaringan komputer melalui modem.
Di Indonesia, perkembangan multimedia tidak lagi hanya di bidang bisnis tetapi juga dikembangkan dibidang pendidikan, politik, jurnalistik, dll. Hampir setiap sekolah atau universitas di kota-kota besar di Indonesia memiliki ruang multimedia sendiri yang digunakan sebagai bagian dari proses pembelajaran dan melek teknologi bagi siswa-siswi di Indonesia. Di bidang politik, para pejabat juga memanfaatkan teknologi teleconference sebagai diplomasi jarak jauh.

1. Jelaskan aplikasi-aplikasi multimedia yang anda ketahui dan penting menurut anda?
Jawab :
Aplikasi multimedia adalah aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan elemen-elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi serta video. Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company profile, video untuk tutorial, e-Learning, maupun Computer Based Training.
Aplikasi Multimedia
Ada banyak aplikasi multimedia saat ini yang biasa digunakan baik oleh para profesional, maupun oleh pemula. Untuk masalah editing audio dan video, beberapa program profesional yang cukup populer di masyarakat di antaranya yaitu :
Ulead Video Studio versinya antara lain 11, x2, x3,
Adobe Premier
Pinnacle
dsb
Semua program-program tersebut mendukung format akhir dalam bentuk VCD, DVD. Jenis-jenis file yang bisa diolah antara lain : AVI, MPEG, WMV dan DV.
Video Tutorial
Video Tutorial adalah aplikasi berbasis multimedia dalam format video yang digunakan untuk mengajar. Aplikasi ini biasanya didistribusikan dalam bentuk CD, kemudian CD ini digunakan oleh peserta pelatihan untuk belajar. Sifat dari tutorial jenis ini adalah satu arah, dimana peserta pelatihan hanya melakukan proses belajar dengan melihat dan mendengar apa yang disajikan melalui video tersebut. Sebagai bahan pertanyaan atau interaksi lanjutan kepada pengajar dapat dilakukan melalui kontak e-mail atau fasilitas komunikasi lainnya.
Aplikasi ini dapat dikembangkan dengan berbagai teknik penyajian, misalnya dengan menggabungkan elemen-elemen gambar, teks, animasi, atau suara, sehingga menjadi tutorial multimedia yang lebih lengkap.
Dalam mengembangkan aplikasi berbasis multimedia serta aplikasi berbasis web,kita memiliki sumber daya yang terdiri dari software, hardware, serta brainware :
• Software :
Multimedia Authoring
Digital Photo Editing
Homepage Design
Database Design
• Hardware :
Multimedia PC
Multimedia Room
Database Server
Video Rendering
Video Camera
Digital Camera
• Brainware
Dari sisi sumberdaya manusia, saat ini telah tersedia beberapa tenaga dengan berbagai kualifikasi fungsi diantaranya sebagai multimedia designer & programmer, database designer & programmer, homepage designer, serta teknisi video kamera.

0 komentar:


Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Supported by ArchiThings.Powered by Blogger